Senin, 24 September 2012

Warna dan Cahaya Ruangan Berpengatuh Pada Mood Kerja

Di ruang atau meja kerja anda banyak file menumpuk? Apakah semua file penting? Atau tidak sempat membereskannya?
Anda harus menyempatkan waktu untuk membereskan file atau barang-barang yang menumpuk dan berantakan di meja kerja anda. Pasalnya hal itu mempengaruhi mood ketika bekerja.

"Terlalu banyak file di ruang atau meja kerja, memang perlu waktu untuk membuang file nggak penting, tapi kondisi yang bersih berpengaruh pada mood," ucap Prapanca Muchtar, pemilik Q Space, sebuah studio desain interior di Jakarta, Sabtu (8/9/2012) malam.
Panca, panggilannya, memiliki tips agar ruang kerja Anda tetap bersih dan nyaman, sehingga mood ketika bekerja tetap terjaga. Berikut ini penjelasannya bagi anda:

- Warna
Jika Anda berniat merenovasi atau mengubah interior ruang kerja, meskipun sedikit, jangan takut bermain warna. Kalau Anda selalu memakai warna "aman" seperti warna-warna soft (peach, biru laut, hijau muda, abu-abu, putih, krem, dan lajnnya) terkesan pucat, tak bersemangat. Jika ruang kecil, Anda dapat mengaplikasikan satu warna cerah, ruang besar dapat colorful. Tetapi Anda harus berhati-hati, karena ruang colorful dapat membuat pikiran atau perasaan kacau.
"Hati-hati menggunakan warna yang colorful, salah bisa jadi kacau, berpengaruh pada mood," kata Panca.

- Hiasan
Anda juga bisa menghias ruangan atau meja dengan dengan lukisan, tanaman, akuarium, atau aksesoris. Namun jangan terlalu banyak. Cukup satu sampai tiga item saja. Tetapi jika ruang kerja kecil satu pun sudah cukup.
"Jangan lakukan pasang foto dengan pacar, foto mantan juga masih ada, belum lagi foto-foto dengan teman, dan boneka yang berserakan. Kalau banyak hiasan membuat pikiran kacau," ujar Panca.

- Pencahayaan
Warna cahaya berpengaruh terhadap kinerja. Menurut Panca, cahaya yang paling bagus adalah putih, karena memberikan efek yang lebih segar, terlebih jika karyawan baru tiba di kantor. Jika cahaya lampu kuning, membuat seseorang tidak bersemangat.
"Kalau istirajat pasang cahaya sedikit kuning, dua jam setelah makan siang biasanya ngantuk, kasih warna putih, pulang kantor cahaya agak kuning, tetapi kalau tidur sebaiknya gelap atau cahayanya kuning, lampu teduh juga nggak masalah," jelasnya.
Panca melanjutkan bahwa setengah hidup kita dihabiskan di kantor, jadi desain yang menarik dan nyaman, menjaga seseorang agar tetap sehat, kinerja meningkat.
"Itu yang diinginkan perusahaan kan? Kalau desain kantor bagus, kerja semangat, perusahaan untung. Kalau nggak bisa dikerjakan sendiri, minta bantuan interior desinger," tutup tips darinya.

saya lihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri komentar anda jika tidak bisa mendownload atau ada link yg rusak atau sekedar bilang terima kasih juga boleh :D